Jawaban UAS Belajar Pembelajaran

 Nama Riyan Hendriansyah

Nim 20836015

Kelas PTI 2 B

UAS Belajar Pembelajaran


1. Berikan penjelasan mengenai perbedaan dari Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik Pembelajaran serta berikan contoh penerapan dalam pembelajaran.!

Jawab

a. Stategi pembelajaran adalah perencanaan yang dirancang oleh tenaga pendidik untuk pembelajaran yang menghasilkan goals dan menghasilkan impact tertentu terhadap siswa

Contohnya guru bisa memilih mengajar dengan cara gurunya itu sendiri yang menjelaskan materi secara langsung, atau dengan cara siswa diberi tugas mencari materi dan mendiskusikannya pada jam pelajaran.

b. pendekatan pembelajaran adalah adalah konsep yang berguna untuk beradaptasi dan memunculkan chemistry terhadap siswa supaya tenaga pendidik bisa mengukur dan menganalisis kelebihan dan kekurangan siswa sehingga tenaga pendidik bisa mengembangkan, serta bisa tau metode pembelajaran apa yang cocok dengan siswa tersebut

Contohnya guru membuka ruang terhadap siswa, tanpa ada skat antara guru dan murid

c. Metode pembelajaran adalah aktivitas guru menyajikan materi untuk bisa dicerna oleh siswa

Contohnya guru menjelaskan materi dan memberikan tugas kepada siswa

d. Teknik Pembelajaran adalah pelaksanaan teknis mengajar yang digunakan oleh tenaga pendidik dengan melihat situasi dan kondisi siswa

Contohnya kalau siswa banyak yang belum paham mengenai materi yang diajarkan, maka teknik guru untuk mengajarnya itu dengan memberikan ruang pertanyaan terhadap siswa yang belum paham, dan guru menjelaskan kembali apa saja yang ditanyakan oleh siswa

2. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan belajar; baik yang disadari, tidak disadari,bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosiologis.

a. Jelaskan maksud pernyataan di atas

Jawab

Pernyataan diatas bermaksud bahwa kesulitan belajar adalah hambatan hambatan yang berhubungan diri sendiri seperti yang bersifat fisiologis,psikologis, maupun sosiologis

b. Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar?

Jawab

Terdapat pada faktor intern (diri sendiri) seperti halnya, malas untuk belajar, mengabaikan pembelajaran, dan faktor extern (sistem,lingkungan) seperti halnya, kurikulum yang tidak tepat dengan passion si pelajar, fasilitas yang kurang mendukung, tidak ada dukungan dari orang terdekat, bentrok sama aktivitas yang lain, dan kurang motivasi dari orang dekat.

c. Bagaimana teknik pengungkapan dari kesulitan belajar?

Jawab

Tekniknya bisa bermacam - macam, contohnya seperti tes minat dan bakat siswa, berikan soal latihan untuk mengukur sejauhana pengetahuan siswa dan juga bisa mengukur parameter kesulitan belajar siswa itu sendiri.

3. Jelaskan peran guru dalam kegiatan pembelajaran dan apa saja yang harus dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah belajar selama pandemi!

Jawab

Peran guru adalah sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing siswa yang awalnya tidak tahu menjadi tahu

Dan cara guru untuk mengatasi masalah pembelajaran selama pandemi, guru harus berkreativitas dan berinovasi supaya peran guru bisa terlaksana dan materi bisa tersampaikan kepada siswa dengan baik

Contohnya seperti memanfaatkan teknologi yang ada, dan guru bisa mengajar secara jarak jauh dengan dibarengi oleh teknologi

4. Kegiatan belajar mengajar tidak begitu saja dilaksanakan secara sepihak, akan tetapi perlu dibuat suatu proses rancangan yang tepat.

a. Jelaskan mengapa pembelajaran sangat penting untuk di rencanakan

Jawab

Dikarenakan pembelajaran adalah proses untuk mencapai kehidupan yang diimpikan, jadi pembelajaran harus dirancang dengan baik supaya hasil dari proses pembelajaran itu tidak salah arah, dan juga tidak menciptakan kegagalan

b. Unsur-unsur apa saja yang harus dipenuhi dalam kegiatan perencanaan pembelajaran?

Jawab

Unsur unsur yang harus dipenuhi adalah relevansi dan sistematis, dikarenakan perencanaan pembelajaran harus sangat relevan dengna situasi dan kondisi yang sedang kita alami sekarang dan dimasa yang akan datang dan sistematis yaitu untuk lebih bisa dipahami dan dimengerti lagi oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajarannya

5. Peran teknologi informasi menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Munculnya Covid-19 mengaharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Sebagai bentuk upaya pemutusan rantai penularan virus Covid-19, kegiatan pembelajaran yang semula dilakuakn secara tatap muka langsung oleh pendidik dan peserta didik dilakukan secara daring.

a. Jelaskan maksud pernyatan di atas!

Jawab

Maksud dari pernyataan diatas disebutkan bahwa pembelajaran bisa lah berubah ubah, sesuai kebutuhan jaman, maka dari itu tenaga pendidik harus mengikuti tuntutan jaman supaya bisa bertahan dan lebih optimal dalam melakukan pembelajaran dalam situasi dan kondisi apapun

Komentar

Postingan Populer